Penyebab AC Mobil Bau dari Luar dan Solusi Mengatasinya
September 25, 2018
Penyebab AC Mobil Fortuner Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya
Oktober 5, 2018
Show all

Penyebab AC Mobil Grand Vitara Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Kasus di mana AC mobil Grand Vitara tidak dingin memang sering terjadi. Dan jika tidak diatasi dengan segera, kerusakan bisa semakin parah. Berikut adalah cara mendeteksi beberapa hal yang bisa menjadi penyebab AC mobil Grand Vitara kesayangan anda menjadi tidak dingin atau Kurang dingin.

Penyebab AC Mobil Grand Vitara Tidak Lagi Dingin

Penyebab AC Mobil Grand vitara tidak Dingin Bukan hanya dari Freon ac yg bocor atau berkurang saja loh..

Kali ini saya akan memberikan beberapa penyebab Ac Mobil Grand Vitara Tidak Dingin, mari disimak Guys

Motor Cooling Fan Mati, Putaran lemah atau Putaran terbalik

Jika motor cooling fan atau extra fan terganggu dengan ditandai putaran lemah atau mati mengakibatkan pembuangan panas dan kinerja tidak maksimal di kondensor. Begitu pula jika putaran motor cooling fan terbalik dalam artian arah angin yang akan di tiupkan mengarah kedepan mobil.

Kondensor dan Radiator kotor

Permukaan kondensor atau radiator yang kotor karena banyak kotoran atau debu pada permukaan yang tertekuk akan mengakibatkan pembuangan panas dari Freon gas yang bertekanan tinggi pada kondensor menjadi tidak sempurna. Hal tsb mnegefek pada proses kondensasi yang jadi tidak sempurna.

Freon kurang atau habis

Freon sebenarnya adalah komponen yang tidak habis atau berkurang pada umumnya, Jika Freon Ac berkurang biasanya diakibatkan oleh Freon ac yang bocor, maka Freon harus segera diperiksa di bengkel dan segera diperbaiki/ganti dengan yang baru di isi kembali freonnya.

Drive Belt Putus

Drive Belt berfungsi untuk menyalurkan putaran mesin terhadap putaran dari kompresor AC Mobil. Jadi kalau sampai tidak berfungsi dengan baik. Apalagi sampe putus maka jelas-jelas AC mobil tidak akan dingin.

Magnetic clutch Putus

Magnetic Clutch menjadi komponen utama yang membuat sebuah Kompresor bisa bekerja dengan baik. Ketika ada kerusakan pada Magnetic Clutch. Kompresor-pun tidak bisa berputar dan bekerja untuk melakukan proses kompresi pada freon. Tanpa adanya kompresi yang dihasilkan oleh Kompresor, tidak akan ada hawa dingin di dalam ruang.

Tekanan dalam sistem AC Mobil berlebihan

Tekanan pada sistem ac yang berlebihan diatas akan menyebabkan overheat pada system ac sehingga high pressure switch bekerja dan memutuskan arus listrik ke Field Coil dari magnetic clutch, Atau untuk kompressor ac yang di lengkapi temperature switch jika over heating terjadi maka temperature switch yang tertanam di body kompressor bekerja dan memutus arus listrik menuju spull magnetic clutch.

Kompressor Aus

Kompressor AC aus biasanya di tandai dengan tekanan yang tidak normal, timbul bunyi dari kompresor saat ac menyala dan saling berhubungan jika kompressor Ac aus,bebrapa hal yang di akibatkan adalah pada sigh glass terlihat hitam, receiver driyer dan menyebabkan katup expansi akan tersumbat.

Evaporator Kotor atau tersumbat

Kotoran yg terdapat pada dasar evaporator lebih banak diakibatkan oleh debu yang dihisap oleh blower kemudian akanenempel pada permukaan evaporator yg akan menyebabkan aliran dari udara yang dihembuskan oleh blower ac tersumbat dan yg kita rasakan adalah angina ac yg kurang kencang dari biasanya

Saluran Buang Air Kondensasi yang Tersumbat

Jika saluran buang air kondensasi tersumbat kotoran/debu, pada rumah evaporator akan dipenuhi dengan air yg berasal dari hasil kondensi pada permukaan evaporator. Pada rumah evaporator akan berembun dan pada akhirnya air akan menetes di bawah dashboard akan membasahi karpet mobil. Selain mengakibatkan air menetes dari evaporator, Jika air kondensasi memenuhi evaporator akan mengakibabkan tiupan angina dari blower/kipas juga akan berkurang.

Terjadi Overheating

Over Heating atau temperature tinggi mesin juga menjadi penyebab AC Mobil tidak dingin yang juga berhubungan dengan kipas radiator atau kipas kondensor mati.

AC panas karena suhu mesin terlalu tinggi ini disebabkan karena kompresor ac menempel pada blok mesin. Pada akhirnya, suhu kompresor pun ikut naik. Hal ini mengakibatkan tekanan freon didalam sistem ac ikut naik. Dan tentu saja berdampak pada kinerja ac mobil.

AC Panas biasanya terjadi dikarenakan suhu yang terlalu tinggi yang disebabkan oleh kompresor ac menempel pada blok mesin. Pada akhirnya, suhu kompresor pun juga ikut naik. Hal tsb berdampak pada kinerja ac mobil.

Pemakaian Freon

Pada masalah tersendiri pemakaian freon juga ikut serta berperan menjadi salah satu sebab masalah yg terjadi pada AC mobil.

Solusi Praktis Mengatasi AC Mobil Grand Vitara Tidak Dingin

Masalah AC mobil tidak dingin pada Grand Vitara harus diselesaikan dengan segera. Sebelum akhirnya merembet dan merusak berbagai komponen lain di AC mobil.

Adapun beberapa solusi yang bisa dilakukan adalah dengan:

  • Lakukan pengecheckan untuk mencari tahu penyebab masalah
  • Mengganti spare part AC mobil yang rusak
  • Menambal kebocoran pada AC mobil
  • Melakukan penggantian Freon AC mobil
  • Melakukan penggantian oli kompresor AC mobil
  • Melakukan flushing
  • Cuci AC mobil (termasuk mencuci dashboard, evaporator, dan mengganti filter AC)

Dokter Mobil adalah solusi terbaik untuk mengatasi AC mobil Grand Vitara yang tak lagi dingin. Adapun beberapa kelebihan yang ditawarkan Dokter Mobil meliputi:

  • Pengecheckan masalah AC mobil secara gratis
  • Penanganan oleh mekanik berpengalaman lebih dari 5 tahun
  • Mesin dan peralatan mekanik yang lengkap dan canggih
  • SOP pengerjaan AC mobil berstandart internasional
  • Garansi service jika Grand Vitara AC nya masih tidak dingin, Uang Kembali

Jika anda membutuhkan service di Dokter Mobil, silahkan hubungi Dokter Mobil di alamat terdekat beriku ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran
Kelapa Gading – ☏ (021) 2245 4429 Blok R6 No 6
Phone / WA – Chelsea : 087787133366 Jl. Alternatif Km 4
Felice : 082122780482 – Aurell : 087880884576 ☏ 085817653292
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5 (Dekat Pintu Keluar Tol Becakayu Pondok Kelapa)
Gading Serpong, Tangerang 100 Meter dari Transmart Carrefour Pondok Kelapa
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887

Demikianlah beberapa informasi seputar AC mobil Grand Vitara tidak dingin yang dapat kami berikan. Semoga dengan penyebab dan solusi dalam artikel ini, masalah yang sedang anda alami bisa terselesaikan dengan tuntas. Terimakasih sudah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat