Penyebab AC Mobil Grand Vitara Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya
Oktober 5, 2018
Faktor Penyebab Kompresor Ac Mobil Bunyi Berisik dan Solusinya
Oktober 6, 2018
Show all

Penyebab AC Mobil Fortuner Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Cukup banyak faktor yang menjadi penyebab utama AC mobil Fortuner tidak dingin dan mengeluarkan hawa panas. Apa solusinya? Dan bagaimana cara mencegah kembalinya masalah ini?

Saya akan membahas tentang Penyebab Ac Mobil Fortuner Tidak Dingin. Dan hal apa saja yang harus dilakukan ketika Ac Mobil Fortuner tidak dingin.

Apa kalian pikir,hanya Kompesor Rusak yang membuat AC Mobil tidak Dingin? Tentu saja tidak mas bro, banyak faktor yang menyebabkan Ac mobil tidak dingin.

Jadi kali ini saya akan menjelaskan alasan kenapa Ac mobil fortuner tidak dingin..
Lalu apa saja alasan yang bisa membuat AC mobil tidak dingin?langsung aja di simak beberapa penyebab AC tidak dingin dibawah ini guys!

Penyebab AC Mobil Fortuner Tidak Dingin

Sebelum mengatasi masalah ini, ada baiknya terlebih dahulu kita tahu sebenarnya apa penyebab masalah ini. Dengan demikian, anda akan lebih mudah untuk:

  • Menentukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini
  • Menentukan cara mencegah kembalinya masalah ini

Tanpa perlu berlama-lama, berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya masalah ini, semoga bermanfaat:

Tidak ada Freon

Banyak orang berpikir jika AC atau AC mobil mereka tidak dingin karena adalah freon yang rusak atau tidak ada.
Sebenarnya Freon tidak bisa habisa kecuali mengalami kebocoran, Freon adalah komponen utama yang membuat AC mobil menjadi dingin melalui proses sirkulasi. Ketika freon di dalam sistem AC mobil mulai berkurang atau malah habis dapat dipastikan yang terasa di dalam mobil hanyalah hawa panas yang sangat menyengat.

Freon bisa habis atau berkurang karena ada kebocoran dalam sistem AC mobil, karena Freon itu pada dasarnya tidak dapat berkurang atau habis jika tidak ada kebocoran, karena cara kerja freon itu hanya bersirkulasi, jadi jika terdeteksi freon kurang maka yg hrs dilakukan check kebocorannya dulu, lalu perbaiki / ganti setelah itu baru di isi kembali freonnya.

Kondensor yang kotor

Kondensor adalah komponen yang bertugas untuk mempercepat pendinginan dan menghindari penerimaan radiasi panas dari mesin ataupun radiator ataupun menurunkan suhu gas yang bertekanan tinggi dari kompesor.
Sebagai komponen yang bertugas menurunkan suhu gas bertekanan tinggi dari Kompresor, maka Kondensor haruslah dalam kondisi yang bersih dari kotoran. Kotoran yang menempel pada badan Kondensor akan membuat kinerjanya tidak maksimal. Hasilnya tentu saja akan membuat AC mobil tidak dingin seperti biasanya.

Motor Extra fan yang rusak

Letak extra fan yang berada tepat di depan Kondensor sangat membantu dalam proses kondensasi dan menurunkan suhu freon. Alhasil ketika extra fan bermasalah, bisa saja karena mati atau lemah, maka proses pendinginan pun tidak bisa berjalan dengan maksimal.Lalu akan menyebabkan AC mobil tidak bisa menghasilkan suhu dingin secara stabil.

Kompresor jebol

Di dalam Kompresor terdapat sejumlah komponen kecil yang menjalankan proses kompresi freon dari Evaporator menuju Kondensor. Ketika jeroan Kompresor ada yang bermasalah, kerjanya pun tidak akan maksimal. Proses sirkulasi freon otomatis menjadi terhambat. Ditandai dengan suhu AC mobil yang tidak stabil.

Fanbelt/Tali Kipas terputus

Fanbelt/Tali Kipas berfungsi menyalurkan putaran mesin kepada Kompresor. Ketika fanbelt putus otomatis Kompresor pun tidak akan bisa bekerja seperti biasanya. tidak ada sirkulasi freon di dalam sistem AC mobil. Di dalam ruang mobil yang terasa hanya angin dari tiupan blower saja.

Oli Kompresor yang berlebihan

Ketika Kompresor diisi oli lebih dari takaran maka otomatis ruang untuk freon di dalamnya akan berkurang yang menyebabkan proses pendinginan yang dilakukan Freon bakal berbeda karena volumenya kurang dari yang sebenarnya.

Tekanan yang terlalu tinggi

Efek lain dari Kompresor yang kelebihan oli ialah, akan membuat tekanan pada Kompresor menjadi lebih tinggi dari biasanya. Kondensor pun tidak mampu menurunkan suhu freon karena tekanan yang terlalu tinggi yang dihasilkan oleh Kompresor. akhirnya sudah pasti suhu di dalam ruang mobil sulit terasa dingin.

Magnetic Clutch rusak

Magnetic Clutch menjadi komponen utama yang membuat sebuah Kompresor bisa bekerja dengan baik. Ketika ada kerusakan pada Magnetic Clutch. Kompresor pun tidak bisa berputar dan bekerja untuk melakukan proses kompresi pada freon. Tanpa adanya kompresi yang dihasilkan oleh Kompresor, tidak akan ada hawa dingin di dalam ruang.

Evaporator kotor

Seperti halnya Kondensor, Evaporator pun rentan dari kotoran dan debu yang menempel. Kotoran ini akan membuat hawa dingin yang ada di dalam Evaporator menjadi tidak maksimal dirasakan di dalam ruang. Meski tiupan blower/peniup sudah maksimal, jika Evaporator penuh dengan kotoran maka AC mobil maka tidak akan terasa dingin secara maksimal karena hembusan angina yang terasa sangat pelan.

Thermostat / thermistor bermasalah

Thermostat adalah alat kecil yang merupakan bagian dari Evaporator ini mempunyai tugas untuk mengukur suhu untuk menentukan waktu cut off dari Kompresor. Ketika thermostat kesulitan membaca suhu maka Kompresor pun tidak akan tau kapan harus mulai mensirkulasikan freon dan kapan harus berhenti. karena tidak adanya sinyal dari thermostat, Kompresor-pun masih diam ketika seharusnya suhu sudah mulai terasa panas.

Drive Belt Putus

Drive Belt berfungsi untuk menyalurkan putaran mesin terhadap putaran dari kompresor AC Mobil. Jadi kalau sampai tidak berfungsi dengan baik. Apalagi sampe putus maka jelas-jelas AC mobil tidak akan dingin.

Terjadi Overheating

Over Heating atau temperature tinggi mesin juga menjadi penyebab AC Mobil tidak dingin yang juga berhubungan dengan kipas radiator atau kipas kondensor mati.

Nah, setelah mengetahui berbagai penyebab di atas, tentunya kitapun penasaran hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Adapun beberapa solusi yang bisa dilakukan di antaranya:

  • Lakukan flushing AC mobil
  • Cuci AC mobil, terutama evaporator mobil fortuner anda
  • Tambal kebocoran AC mobil
  • Ganti spare part yang bermasalah

Sementara itu, cara paling mudah dan praktis adalah dengan membawa langsung mobil anda ke bengkel AC mobil spesialis fortuner yang tidak dingin. Jika anda membutuhkan spesialis mobil Fortuner, silahkan menghubungi Dokter Mobil.

Adapun beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Dokter Mobil adalah:

  • Penanganan langsung oleh teknisi profesional dan berpengalaman lebih dari 5 tahun
  • Pengecheckan gratis 100%
  • Menggunakan mesin dan peralatan perbengkelan yang lengkap dan canggih
  • Garansi service tidak dingin 100% uang kembali

Silahkan mengunjungi alamat Dokter Mobil terdekat di bawah ini untuk mendapatkan service terbaik untuk mobil kesayangan anda.

KELAPA GADING CIBUBUR
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran
Kelapa Gading – ☏ (021) 2245 4429 Blok R6 No 6
Phone / WA – Chelsea : 087787133366 Jl. Alternatif Km 4
Felice : 082122780482 – Aurell : 087880884576 ☏ 085817653292
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5 (Dekat Pintu Keluar Tol Becakayu Pondok Kelapa)
Gading Serpong, Tangerang 100 Meter dari Transmart Carrefour Pondok Kelapa
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887

Sekian informasi seputar AC mobil fortuner tidak dingin yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat.. Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat