Penyebab Bunyi Berdecit saat AC Mobil Nyala dan Solusi Mengatasinya
Juni 30, 2018
Apa Saja Penyebab AC Mobil Getar?
Agustus 6, 2018
Show all

Apa Saja Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak?

Kompresor adalah komponen utama di dalam sistem AC mobil. Tugasnya mensirkulasikan freon ke seluruh sistem AC mobil.

Kompresor rusak = AC panas

Karena sangat pentingnya kompresor untuk pendinginan mobil. Service kompresor AC mobil sebaiknya dilakukan secara berkala di bengkel spesialis AC mobil.

Apa Saja Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak
Beberapa Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak
1.Terputusnya Sekring
Sekring berfungsi untuk meneruskan atau mengalirkan arus listrik ke kompresor. Jika sekring putus, maka akan menyebabkan arus listrik yang mengalir ke kompresor terputus. Arus listrik yang terputus kemudian mengakibatkan semburan freon ke sistem AC terhenti. Dan pada akhirnya AC tidak menghasilkan udara yang dingin.

2.Oli Kompresor Habis
Oli kompresor digunakan sebagai pelumas untuk melumasi bantalan-bantalan komponen AC yang saling bergesekan. Oli kompresor jika sampai habis bisa membuat performa komponen-komponen, khususnya kompresor menjadi terganggu. Ini akan membuat kompresor tidak bisa menghasilkan tekanan tinggi untuk menghembuskan udara dingin ke dalam kabin mobil.

3.Komponen Seal Bocor
Pada kompresor AC mobil terdapat komponen yang bernama seal. Seal ini adalah pelapis yang berupa karet. Jika seal ini mengalami keretakan atau robek, maka akan timbul kebocoran. Efeknya, tekanan pada kompresor untuk menyemburkan gas freon menuju ke sistem AC menjadi lemah dan AC menjadi kurang dingin.

4.Pulley dan Pressure Plate Mengalami Kerusakan
Pulley dan pressure plate sangat mempengaruhi mekanisme kerja kompresor. Kedua berfungsi untuk memberikan tekanan pada kompresor untuk kemudian menekan gas freon agar terkonversi menjadi udara dingin.

Tapi, jika pulley dan pressure plate mengalami kerusakan atau aus, maka putaran mesin kompresor tidak akan maksimal. Yang mengakibatkan tekanan gas freon menjadi rendah. Selain itu, kerusakan keduanya juga menghasilkan bunyi berisik karena mengalami gesekan saat AC mobil dalam posisi hidup.

5.Fan atau Kipas AC Mati/Lemah
Kenapa fan AC yang dalam keadaan lemah atau mati bisa membuat kompresor rusak? Fan AC atau radiator yang lemah atau bahkan mati akan menyebabkan tekanan pada freon berlebih atau istilahnya over heat. Over heat pada tekanan gas freon inilah yang bisa mengakibatkan kompresor menjadi panas, sehingga rentan mengalami kebocoran, dan bunyi kasar / ngorok.

6.Jumlah Gas Freon yang Terlalu Sedikit
Kapasitas freon dalam sistem AC bisa saja menjadi sedikit. Bisa disebabkan oleh kebocoran pada selang atau hal lainnya. Kekurangan jumlah freon yang terdapat dalam sistem akan mengakibatkan kerja kompresor menjadi lebih berat.

Kompresor AC akan mengeluarkan lebih banyak tenaga untuk memompa gas freon ke seluruh sistem AC mobil. Lama-kelamaan kondisi kompresor akan rusak karena dipaksa bekerja keras. Sebab itulah jumlah gas freon yang sedikit menjadi salah satu penyebab rusak kompresor.

7.Terlalu Banyak Freon
Setelah kita tahu kalau jumlah freon yang terlalu sedikit ternyata bisa membuat kompresor aus. Sama halnya dengan kelebihan freon pada sistem AC. Kelebihan freon juga bisa menyebabkan kompresor rusak.Untuk menghindari pengisian freon yang terlalu banyak, sebaiknya cari bengkel spesialis AC mobil yang berpengalaman seperti Dokter Mobil Sebagai bengkel yang melayani service kompresor AC mobil dan jual kompresor AC mobil selama bertahun-tahun, sudah banyak konsumen yang merasa puas atas pelayanannya. Jadi, kejadian seperti pengisian freon yang melebihi kapasitas tidak akan terjadi di sini.

8.Terjadi Kebuntuan
Penyebab rusaknya kompresor AC mobil lainnya yaitu kebuntuan. Kebuntuan bisa terjadi pada sistem yang mengakibatkan aliran sirkulasi freon terhambat. Kasus seperti ini dapat membuat kompresor menjadi rusak karena terus-menerus dipaksa untuk memompa freon yang sirkulasinya terhambat tadi.

9.Usia Pemakaian
Yang terakhir adalah usia pemakaian komponen-komponen AC seperti kondensor, evaporator, expansi valve, dryer, dan lain sebagainya. Sebaiknya kita harus mengetahui batas usia pemakaian komponen atau spare parts tersebut. Karena jika sudah melewati batas usia pemakaian maksimum dan masih dibiarkan terpasang, dikhawatirkan akan membuat kinerja keseluruhan sistem AC tidak optimal. Sehingga mengakibatkan komponen lainnya mengalami aus dan kerusakan.

Untuk menghindari atau minimal mencegah percepatan kerusakan kompresor AC mobil. Sebaiknya lakukan perawatan secara rutin ke bengkel yang memang benar-benar bagus pelayanannya. Dan salah satu bengkel yang menjadi rekomendasi teman-teman pecinta mobil adalah Dokter Mobil. Karena pelayanan di sana memang sangat memuaskan setiap konsumennya

Untuk anda yang membutuhkan tempat service AC mobil, silahkan mengunjungi Dokter Mobil. Kami hadir dekat dengan anda. Silahkan menghubungi bengkel kami yang terdekat dengan anda.

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Chelsea : 087787133366 ☏ 085817653292
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887 | WA : 087887589899

Demikian informasi yang kami berikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Akhir kata, kami ucapkan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat