Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Saat Macet namun Dingin Saat Jalanan Lancar
Inilah Sebab AC Mobil Tidak Dingin Saat Macet dan Solusi Mengatasinya
September 12, 2018
AC Mobil Tidak Dingin di Siang Hari namun Sejuk saat Malam, Ini Sebab dan Solusinya
Alasan Utama AC Mobil Tidak Dingin Di Siang Hari dan Solusinya
September 12, 2018
Show all

Lengkap, Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Angin dan Solusinya

Alasan yang Jadi Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Angin Saja dan Bagaimana Memperbaikinya

Alasan yang Jadi Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Angin Saja dan Bagaimana Memperbaikinya

Adanya masalah pada beberapa komponen akan menjadi penyebab AC mobil tidak dingin hanya angin sehingga kenyamanan berkendarapun berkurang. Lantas apa solusi untuk mengatasi masalah ini?

AC mobil tidak dingin hanya angin? Para pemilik mobil pasti pernah merasakan saat mobil tak terasa dingin, padahal AC menyala, bahkan hanya mengeluarkan angin.

AC mobil yang hanya mengeluarkan angin, bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti :

Refrigerant atau Freon Sudah Habis

Freon bisa habis atau berkurang jika terjadi kebocoran pada sambungan pipa atau selang sambungan tersebut bocor karena usia pakainya sudah tua.

Freon bocor disebabkan adanya kerusakan pada bagian relief valve kompresor, kerusakan – kerusakan tersebut bisa membuat Freon atau refrigerant menjadi habis, dan berakibat pada AC mobil kurang dingin.

Terdapat Kotoran Pada Kondensor

Kondensor yang berfungsi untuk membuang panas yang dilepaskan kompresor diusahakan jangan sampai kotor. Jika pada kondensor terdapat kotoran, nantinya akan menyebabkan AC mobil tidak dingin di siang hari. Jika kondensor tidak rutin dibersihkan, akan menyebabkan menumpuknya kotoran atau timbul karat, sehingga proses pembuangan panas yang dihasilkan koompresor tidak akan sempurna dan menyebabkan AC mobil tidak dingin.

Motor pada Extra Fan Mati

Jika AC mobil mengalami kurang dingin, cobalah periksa bagian extra fan. Extra fan terletak didepan kondensor.  Jika extra fan tidak berputar mungkin saja extra fan menjadi penyebab AC tidak dingin.

Extra fan yang rusak atau tidak berputar akan mempengaruhi proses kondensasi menjadi tidak berjalan. Padahal proses kondensasi inilah yang membuat penurunan suhu di dalam kondensor. Kalau extra fan mati otomatis tidak ada penurunan suhu. Pada akhirnya mengakibatkan kabin mobil suhunya jadi panas.

Kerusakan Kompresor

Tanda kalau kompresor mengalami aus atau kerusakan adalah sight glass berwarna hitam. Hitam sight glass mengindikasikan bahwa receiver dryer atau expansion valve terhambat oleh kotoran.

Jika sudah mengalami AC mobil tidak dingin di siang hari atau sight glass berwarna hitam, segeralah ganti kompresor AC mobil anda.

Kelebihan Tekanan pada Sistem AC Mobil

Kelebihan tekanan disebabkan oleh pengisian oli kompresor yang melebihi batas. Kapasitas oli kompresor yang berlebihan membuat tekanan pada freon meningkat. Itu akan mengakibatkan kompresor akan sangat panas. Lalu, membuat proses kondensasi akan terhambat.

Evaporator Mengalami Penyumbatan

Penyumbatan pada evaporator yang disebabkan oleh debu bisa membuat AC mobil tidak dingin. Adanya penyumbatan oleh debu atau kotoran pada evaporator membuat aliran udara dari blower jadi terhambat. Terhambatnya aliran udara yang keluar dari blower membuat sirkulasi AC juga akan terganggu.

Debu atau kotoran bisa masuk ke evaporator dengan melalui hisapan blower yang terhubung ke evaporator. Filter AC yang jarang dibersihkan juga bisa mengganggu kinerja evaporator. Kotoran yang menempel pada filter akan menghambat aliran udara dingin. Selalu bersihkan evaporator maupun filter AC secara rutin.

Fan Belt atau Drive Belt Putus

Penyebab AC mobil tidak dingin lainnya adalah putusnya fan belt atau drive belt. Fan belt atau drive belt berfungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju kompresor. Sehingga ketika fan belt tersebut mengalami putus, kompresor tidak bisa berjalan normal.

Akibat kompresor tidak bisa bekerja normal, maka aliran freon tidak akan bersikulasi. Sehingga akan menyebabkan AC mobil tidak dingin hanya keluar angin atau AC mobil kurang dingin.

Selesaikan Masalah AC Mobil Tidak Dingin Hanya Angin di Dokter Mobil

Pengerjaan service untuk masalah AC mobil yang hanya keluar angin tidak bisa dikerjakan sendiri. Mengapa? Tentu saja karena dibutuhkan beberapa hal, seperti:

  • Kemampuan bongkar pasang
  • Ketersediaan alat untuk bongkar pasang
  • Ketersediaan spare part
  • Pengetahuan mengenai kondisi spare part AC mobil
  • dan Proses service

Jika anda tidak memiliki semua hal tersebut, proses pengerjaan dapat berubah menjadi mimpi buruk. Kerusakan mobil semakin parah.

Dokter Mobil hadir sebagai jawaban untuk masalah anda. Sebagai bengkel AC mobil dengan pengalaman lebih dari 8 tahun, Dokter Mobil dapat mengerjakan berbagai masalah AC mobil.

Jika anda membutuhkan penanganan di Dokter Mobil, silahkan hubungi Dokter Mobil di alamat berikut ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran
Kelapa Gading – ☏ (021) 2245 4429 Blok R6 No 6
Phone / WA – Chelsea : 087787133366 Jl. Alternatif Km 4
Felice : 082122780482 – Aurell : 087880884576 ☏ 085817653292
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5 (Dekat Pintu Keluar Tol Becakayu Pondok Kelapa)
Gading Serpong, Tangerang 100 Meter dari Transmart Carrefour Pondok Kelapa
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887

Lihat Juga: AC Mobil Tidak Dingin Di Siang Hari

Demikian informasi yang bisa kami bagikan seputar masalah AC mobil tidak dingin hanya angin dan solusi untuk mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Silahkan membagikan informasi ini kepada teman dan saudara yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat