Penyebab AC Mobil Ga Dingin dan Cara Mudah Memperbaikinya
September 13, 2018
Cara Atasi AC Mobil Tidak Dingin dengan Mudah dan Cepat
Cara Atasi AC Mobil Tidak Dingin dan Menjadikannya Lebih Awet
September 14, 2018
Show all

Penyebab AC Mobil Dingin Cuma Sebentar dan Cara Mengatasinya

Faktor Penyebab AC Mobil Dingin Cuma Sebentar dan Bagaimana Mengatasinya

Faktor Penyebab AC Mobil Dingin Cuma Sebentar dan Bagaimana Mengatasinya

Di artikel ini kami akan membahas salah satu penyebab AC mobil dingin cuma sebentar. Silahkan membaca dan semoga bermanfaat.

Ketika anda sedang mengendarai mobil di siang hari dan cuaca sedang panas sudah pasti anda menyalakan AC mobil. Namun, apabila AC mobil mendadak tidak dingin, sungguh sebuah pengalaman buruk yang tidak ingin anda alami bukan?

Apakah anda pernah mengalami hal diatas? AC mobil dingin cuma sebentar atau hanya angin nya saja? sudah pasti membuat amarah anda menaik bukan? Inilah solusi untuk masalah di atas.

Ada banyak penyebab AC mobil dingin cuma sebentar. Seperti komponen yang sudah rusak, atau komponen yang sudah kotor dan tidak dibersihkan. Berikut akan di jelaskan beberapa penyebab AC mobil cuma dingin sebentar.

Freon telah habis atau kurang

Ketika freon telah habis atau kurang bisa menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin. Freon tidak akan habis selama tidak ada kebocoran pada sistem AC mobil. Pada umumnya kebocoran freon terjadi karena sambungan pipa yang si o ring sudah getas karena sudah lama tidak diganti. Bisa juga ada kerusakan di bagian saft dan relief valve pada kompresor.

Lihat Juga: Cara Atasi AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab lainnya dari kebocoran pada sistem AC yang mengakibatkan freon habis adalah adanya lubang pada selang atau pipa. Lubang sebesar jarum saja sudah bisa membuat freon keluar dari sistemsirkulasi AC mobil.

Fanbelt / Drivebelt putus

Fanbelt memiliki peranan penting terhadap kinerja AC mobil yang sebagai alat untuk menyalurkan putaran mesin kepada kompresor. Jika fanbelt putus otomatis kompresor tidak akan bisa bekerja atau berputar. Tanpa putaran pada kompresor maka freon tidak bisa bersirkulasi sehingga ruangan kabin terasa panas.

Kondenser kotor

Ketika kondenser AC mobil anda kotor, jangan didiamkan saja. Jika kotoran terlalu banyak dan sudah lama menempel pada kondenser bisa menyebabkan fungsi dari kondenser AC mobil tidak bekerja secara maksimal dalam membuang panas dari gas bertekanan tinggi yang dilepas kompresor. Kinerja kondensasi yang kurang maksimal bisa membuat AC mobil menjadi kurang dingin.

Motor extrafan mati atau lemah

Ketika AC mobil anda kurang dingin, anda bisa mengetahui penyebabnya dengan mengecek motor extrafan. Cara mengeceknya sangat mudah. Saat AC mobil dinyalakan lihat apakah extrafan yang ada di depan kondenser berputar atau diam saja.

Ketika extrafan rusak akan membuat proses kondensasi pada kondenser tidak bekerja dengan normal. Kondenser yang tidak bekerja dengan normal tidak akan bisa menurunkan suhu di dalam kondenser sehingga hawa panas yang masuk dan dirasakan di dalam kabin.

Extrafan bisa juga masih berputar namun putarannya tidak secepat biasanya bahkan kadang-kadang bisa berhenti. Artinya extrafan sudah lemah dan harus dilakukan penggantian dengan komponen yang baru untuk bisa kembali merasakan AC mobil yang dingin.

Magnetic Clutch rusak

Kerusakan pada magnetic clutch bisa juga membuat AC mobil tidak dingin. Salah satu kerusakan magnetic clutch bisa berupa putus, mati, atau terbakarnya spul sehingga center piece tidak terhubung dengan puli kompresor. Sehingga kompresor pun tidak berputar mengikuti putaran mesin. Anda bisa melihat kerusakan ini dengan cara menyalakan AC mobil dan fanbelt ikut berputar tetapi kompresor AC tidak ikut bekerja.

Kompresor aus

Jika kondisi kompresor AC mobil yang sudah aus atau jebol akan ditandai dengan tekanan AC yang tidak normal atau bisa juga dengan melihat Sight Glass yang akan terlihat hitam. Hal ini merupakan indikasi Receiver Dryer atau Expansion Valve tersumbat oleh kotoran.

Kondisi Kompresor AC mobil yang sudah aus atau jebol biasanya akan ditandai dengan tekanan AC yang tidak normal. Selain itu, bisa juga dengan melihat Sight Glass yang akan terlihat hitam. Ini juga merupakan indikasi Receiver Dryer atau Expansion Valve tersumbat kotoran.

Ketika sudah ada kotoran yang menyumbat seperti di atas, segera ganti kompresor AC mobil Anda. Tidak ada cara lain dengan mengganti kompresor jika sudah aus.

Saluran pembuangan air kondensasi tersumbat

Penyebab AC mobil anda kurang dingin bisa jadi disebabkan oleh tersumbatnya saluran pembuangan air kondensasi. Ciri-ciri nya adalah ada tetesan air di bawah dashboard atau di bagian atas dashboard menjadi berembun ketika AC dihidupkan.

Hal di atas terjadi akibat boks Evaporator dipenuhi dengan air karena tersumbatnya saluran air kondensasi. Aliran udara yang dihembuskan blower otomatis akan tersendat ketika air memenuhi boks Evaporator. Hal ini bisa membuat karpet menjadi basah dan menyebabkan bau lembap yang tidak sedap.

Nah itulah beberapa penyebab AC mobil dingin cuma sebentar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembacanya.

Dokter Mobil sebagai Spesial Perbaikan AC Mobil Dingin Cuma Sebentar

Jika anda membutuhkan bengkel AC mobil untuk mengatasi masalah anda, carilah bengkel AC mobil profesional. Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil terbaik dengan pengalaman lebih dari 8 tahun.

Silahkan menghubungi Dokter Mobil terdekat dengan anda di kontak/alamat berikut ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran
Kelapa Gading – ☏ (021) 2245 4429 Blok R6 No 6
Phone / WA – Chelsea : 087787133366 Jl. Alternatif Km 4
Felice : 082122780482 – Aurell : 087880884576 ☏ 085817653292
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5 (Dekat Pintu Keluar Tol Becakayu Pondok Kelapa)
Gading Serpong, Tangerang 100 Meter dari Transmart Carrefour Pondok Kelapa
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887

Nah, demikianlah penyebab dan solusi mengatasi masalah AC mobil dingin cuma sebentar. Semoga dapat menjadi panduan bagi anda mengatasi masalah pada AC mobil anda. Terimakasih sudah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat