Faktor Penyebab dan Solusi Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin Serta Cara Mencegah Kembalinya Masalah Ini
Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Solusi Mengatasinya
September 18, 2018
Penyebab Utama AC mobil escudo tidak dingin dan Cara Mudah Mengembalikannya Agar Kembali Sejuk
Penyebab dan Solusi untuk AC Mobil Escudo Tidak Dingin
September 20, 2018
Show all

Komponen Penyebab AC Mobil Belakang Tidak Dingin dan Solusi

Cara memperbaiki masalah AC mobil belakang tidak dingin harus dengan terlebih dahulu mencari penyebab masalah

Cara memperbaiki masalah AC mobil belakang tidak dingin harus dengan terlebih dahulu mencari penyebab masalah

Harusnya seluruh ruangan mobil terasa sejuk. Namun ketika AC mobil belakang tidak dingin maka kenyamanan berkendara akan berkurang. Lantas apa solusi untuk mengatasi masalah ini?

Sebelum mengatasi masalah ini, ada baiknya kita mengetahui apa penyebab munculnya masalah ini. Dengan demikian, kita bisa tahu solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini, dan untuk mencegah kembalinya kasus AC mobil belakang tidak dingin.

Magnethic Clutch (magnit,Pulley dan Center Piece)

Magnet Clutch Compressor adalah magnet buatan dengan memanfaatkan energi listrik aki mobil untuk menarik centerpiece kompresor agar melekat pada pulley kompresor sehingga center piece memutar as kompresor mengikuti arah putaran pulley kompresor.  Bila pulley & Center Piece aus,  tekanan dorongan ke kompresor untuk memompa freon tidak  maksimal.

Fuse (Sekring & Relay)

Bila sekering putus maka arus listrik tidak akan mengalir ke kompresor. Akibatnya, freon tak akan bersirkulasi dan AC tak dingin. Karena itu, jika AC mobil tak dingin, jangan langsung dan terburu buru memvonis freon habis atau komponen AC bermasalah. Sebaiknya periksa dulu sekring listriknya. Jika sekring tidak putus silahkan di lanjutkan memerikasa/ check ke Relay / Amplifiernya.

Seal atau ‘O’ ring

Komponen ini bentuknya dan mirip seperti karet gelang atau huruf berbentuk ‘O’. Fungsinya untuk merekatkan sambungan antar bagian AC agar tekanan udara tidak bocor. Seal karet itu mudah robek atau rusak karena faktor usia. Karena itu, bila Anda memperbaiki AC, penggantian seal harus diprioritaskan. Meskipun keliatannya masih bagus, sebaiknya diganti saja apabila sambungan nepel sudah dibuka, karena jika tidak bisa menyebabkan terjadi kebocoran nantinya.

Kipas kondensor / Extra Fan

Berfungsi mengalirkan udara agar kondensor mampu mendinginkan Freon yang panas. Pada beberapa kasus mobil, kipas ini menyatu dengan kipas pendingin mesin, contoh seperti mobil : Nissan Livina, Toyota Avanza, Xenia dll. Masalah yang sering terjadi adalah, putaran kipas melemah.

Filter dryer

Filter Dryer berfungsi menyerap kotoran dan uap air yang terbawa bersirkulasi bersama Freon, Jika Komponen ini tersumbat maka akan menyebabkan ac tidak dingin lagi. Filter Dryer itu sebaiknya diganti setiap 1 tahun sekali dan bersamaan dengan service, sebab jika ingin menganti komponen yang 1 ini, freon harus terbuang.

Katup ekspansi

Katup expansi mempunyai peran untuk merubah Wujud Freon yang Tadi nya panas menjadi supper dingin lalu masuk ke evaporator. Katup expansi ini dilengkapi pegas katup, bola thermal, dan diafragma. Katup ditekan oleh pegas agar selalu menutup sedangkan bola thermal selalu dan selalu berusaha mendorong katup untuk membuka. Bila peranti itu kotor atau tersumbat, maka gas Freon tidak akan tersembur maksimal.

Oli kompresor berkurang atau habis

Bila oli berkurang atau habis, kinerja pendingin AC pun terhambat. Akbatnya, kinerja kompresor terganggu dan hawa dingin dari AC tak mengalir dan jika oli Habis bisa menyebabkan kompresor Jebol.

Freon Kurang

Freon itu sejatinya tidak akan pernah berkurang jika tidak terjadi kebocoran, jika ac mobil tidak dingin karena terdeteksi freon kurang, sebaiknya di check terlebih dahulu Kebocorannya dimana, setelah diperbaiki kebocorannya setelah itu baru diisi freon kembali.

Dokter Mobil – Spesialis Mengatasi AC Mobil Belakang Tidak Dingin

Kerusakan pada komponen AC mobil memerlukan penanganan khusus dari ahlinya. Sebenarnya andapun bisa melakukan penggantian part yang bermasalah tersebut. Namun tanpa keahlian khusus masalah bisa saja terjadi.

Beberapa masalah yang muncul seperti:

  • Pemasangan yang tidak erat, atau pass sehingga longgar
  • Kerusakan pada komponen lain akibat kesalahan penanganan
  • Dan adanya salah resiko salah pasang

Hal-hal tersebut harus dihindari. Oleh sebab itu, sebaiknya serahkan penanganan masalah AC mobil belakang tidak dingin ini pada ahlinya. Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil terpercaya yang bisa anda gunakan jasanya untuk menangani masalah anda.

Lihat Juga: AC Mobil Escudo Tidak Dingin

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Dokter Mobil, di antaranya adalah:

  • Penanganan yang cepat dan tepat
  • Pengecheckan gratis dan jujur karena menggunakan alat pengecheckan yang canggih dan by data
  • Mekanik yang profesional dan berpengalaman lebih dari 5 tahun di dunia otomotif
  • Mesin dan peralatan bengkel yang lengkap dan canggih
  • Garansi service uang 100% kembali.

Untuk mendapatkan jasa service Dokter Mobil ini, silahkan hubungi Dokter Mobil di kontak atau alamat berikut ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran
Kelapa Gading – ☏ (021) 2245 4429 Blok R6 No 6
Phone / WA – Chelsea : 087787133366 Jl. Alternatif Km 4
Felice : 082122780482 – Aurell : 087880884576 ☏ 085817653292
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5 (Dekat Pintu Keluar Tol Becakayu Pondok Kelapa)
Gading Serpong, Tangerang 100 Meter dari Transmart Carrefour Pondok Kelapa
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887

Demikian informasi yang bisa kami berikan. Semoga artikel ini membantu anda mengatasi AC mobil belakang tidak dingin yang sedang dihadapi. Senang bisa memberikan informasi bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat